Halaman

Translate

Kamis, 17 Maret 2016

Sittata Sababa


Tentang Citata-sababa
Citata sababa menulis telah lama diblog ini sejak 2009, namun kandas di tahun 2014 sama sekali tiada tulisan, yang selain kesibukkan juga karena MALAS ada artis yang mengikuti nama ini.

Citata-sababa berawal dari tahun 1997 saat mimpi ayat tentang “faatb’a sababa, sittata sababa’, cek di surat kahfi. Saat itu mimpi dalam keadaan khusyu, khidmat, di sebuah mesjid yang bergemercik tanah dengan air hujan. Cuaca dalam keadaan hening dan syahdu,  Titik air hujan yang jatuh, menempa genangan air di tanah dan menimbulkan buih-buih air dengan riak air, senandung itu teramati dan terdengar sittata sababa, sittata sababa yang dari ujung titik air hujan yang jatuh bertubrukan dengan air hujan tergenang dan berulang-ulang sampai seperti terdengar mirip suara cittata sababa hinggaku terbangun, maka sejak saat itu diraihlah suatu padanan kata citata-sababa atau Sittata sababa yang artinya 6 pemuda dan satu anjing ashabul kahfi sehingga berjumlah tujuh. Mungkin itu yang saya anut

Cek di QS Al Kahfi ayat 22

22.  Nanti (ada orang yang akan) mengatakan (jumlah mereka) adalah tiga orang yang keempat adalah anjingnya, dan (yang lain) mengatakan: "(jumlah mereka) adalah lima orang yang keenam adalah anjing nya", sebagai terkaan terhadap barang yang gaib; dan (yang lain lagi) mengatakan: "(jumlah mereka) tujuh orang, yang ke delapan adalah anjingnya". Katakanlah: "Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit". Karena itu janganlah kamu (Muhammad) bertengkar tentang hal mereka, kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda itu) kepada seorangpun di antara mereka.

Dalam ayat tersebut jelas nanti nah kategori nantinya itu kapan? Ada yang mengatakan tiga orang yang keempat adalah anjingnya, dan lima orang yang keenam adalah anjing nya, dan tujuh orang, yang ke delapan adalah anjingnya".
Katakanlah: "Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit".

Maka yang saya anut SITTATA SABABA yakni 6 PEMUDA DAN 1 ANJING ASHABUL KAHFI, sehingga berjumlah tujuh. (Wallu a’lam) Cek di wikipedia atau website lainnya selalu akan berbeda.

Nama citata saya searching di google tahun 2008-2009 hanya terdapat di website amerika latin yang asal katanya citat citation sedangkan di Indonesia ya hanya nama ini, hal ini dibuat agar mudah diserach oleh saya terutama jika saya lupa. Tetapi kini wuih amburadul karena selalu muncul artis tersebut, Tapi gak apa-apa saya ikhlas koq, utamanya karena ia masih sedaerah serumpun sunda.
 
"Tsumma atba’a sababa, hatta balagho mathli’asy syamsi wajadHa tathlu’u ‘ala qoumil lam naj’al LAhum m minDUNIha sitro "
Artiya 89.  Kemudian dia menempuh jalan (yang lain). 90.  Hingga apabila dia Telah sampai ke tempat terbit matahari (sebelah Timur) dia mendapati matahari itu menyinari segolongan umat yang kami tidak menjadikan bagi mereka sesuatu yang melindunginya dari (cahaya) matahari[890] itu,

Tidak ada komentar: